Oleh-oleh & Traktir

Minta oleh-oleh dan minta traktir 

Karena saya belum pernah stay di luar Indonesia, jadi saya mau cerita pengalaman di Indonesia ajalah. Kita tau ya, budaya Indonesia banyak sekali. Saya aja gak hapal ada budaya apa aja, yang jelas ada budaya formal dan non formal, maksudnya? Seriusan deh, ini saya juga lagi ngaur. Pernah ngalamin dimintai oleh-oleh gk pas kamu lagi bepergian? Pernahkan? Pernahkan? Exactly i feel u guys. 
Misalkan kamu lagi pulang kampung ato liburan, apa yang ditagih oleh temen-temen begitu kamu balik,? OLEH-OLEH. Nah, ini salah satu budaya kita. Budaya yg lumayan berattt. 

Kalau saya pribadi boleh berpendapat, pliss, budaya yg ini kita hanguskan aja pelan-pelan. Coba deh, tarik ke diri kamu, kamu kalo liburan ato pulang kampung, pasti kamu udah rencanain dari jauh-jauh hari. Kamu udah planning dari mulai tanggal keberangkatan, transportasi yg murah, dan bla-bla-bla. Yakin deh, orang-orang yang bepergian kalau dia bukan orang-orang tazier, budget mesti diperhitungkan. Nah, begimana bisa para tetangga dengan entengnya nanya, oleh-oleh nya manaaa?

Pliss, itu keliru guys, harusnya yang kalian tanyakan, “bagaimana liburannya? Menyenangkan? Cerita dong...” demikian halnya untuk yang mudik. Saya rasa itu lebih pas lah. Saya rasa kalo cara ini di terapin, orang-orang akan semakin ringan kaki untuk melangkah karna gk harus takut ditagih oleh-oleh.

Demikian halnya dengan TRAKTIR. Traktir biasanya dimintai pada orang yang sedang ngalamin moment spesial. Seringnya itu pas lagi ultah. Coba deh, orang yang ultah ini di traktir, pasti budgetnya kecil karena bisa urunan untuk mentraktir 1org. Jika dibalik? Orang yg ultah mentraktir temen-temen kantor ato temen-temen main. Wah, PR juga. 

# masalah oleh-oleh dan traktiran ini, teman-teman/tetangga selalu lebih merepotkan dibandingkan keluarga sendiri. Serius deh, so..come on lahh~~

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Jaringan Kerja

Pengalengan Maret 2022

Metode Jalur Kritis