Total Float dan Free Float

Float yaitu suatu perhitungan yang menunjukkan fleksibilitas suatu kegiatan untuk dapat mulai dan selesai lebih lambat walaupun tetap dalam waktu yang diizinkan tanpa mengubah durasi atau kurun waktu proyek (Callahan, 1992) Float terdiri dari total float dan free float.


Total Float (TF)

TF adalah jumlah waktu yang diperkenankan suatu kegiatan boleh ditunda, tanpa memengaruhi jadwal proyek secara keseluruhan. Float Total ini dimiliki bersama oleh semua kegiatan yang ada pada jalur yang bersangkutan.

Total Float suatu kegiatan sama dengan waktu mulai paling akhir, dikurangi waktu mulai paling awal kegiatan. Atau jika dituliskan dengan rumus

TF = LF – EF = LS – ES

TF = L(j) – E(i) – D (i-j)


Free Float (FF)

FF terjadi bila semua kegiatan pada jalur yang bersangkutan mulai seawal mungkin. Float bebas hanya dimiliki oleh suatu kegiatan tertentu, sehingga jika terjadi penundaan suatu kegiatan tidak akan mempengaruhi waktu mulai paling awal dari kegiatan berikutnya.

FF suatu kegiatan adalah sama dengan waktu mulai paling awal dari kegiatan berikutnya dikurangi waktu selesai paling awal kegiatan yang dimaksud.

Jika terdapat suatu rangkaian dari kegiatan A (1-2) dan B (2,3) dengan node 1, 2, 3 maka FF nya adalah FF(1-2) = ES(2-3) – EF(1-2)



Perhatikan contoh!

Buatlah jaringan kerja beserta tabel jaringan kerja.

Jaringan kerja AOA

Durasi proyek adalah 36.

Tabel jaringan kerja

Melalui jaringan kerja  dan tabel jaringan kerja anda sudah dapat menentukan kegiatan kritis dan lintasan kritisnya.
Kegiatan kritis yaitu dengan TF=0


Dari tabel dapat juga disimpulkan bahwa

TF = LSj – D – ESi

FF = Esj – D - ESi



 Baca juga aktivitas dummy di https://anggreyansinaga.blogspot.com/2020/09/aktifitas-dummy.html

 

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Jaringan Kerja

Metode Jalur Kritis

Pengalengan Maret 2022