DENAH RUMAH 8X15M

Mungkin akhir-akhir ini hunian yang familiar adalah sejenis apartemen ataupun rumah susun. Konsepnya sebenarnya sama saja, bangunan vertikal tanpa halaman, hanya saja beda versi. Versi mewah aka apartemen dan versi merakyat aka rusun. Mungkin salah satu alasannya adalah terbatasnya lahan yang bisa dijadikan untuk hunian. Tapi jika kita mau memilih untuk tinggal tidak terlalu di pusat kota, masih besar kemungkinan untuk medirikan rumah yang langsung napak di bumi. (duhh, bahasa)

Luas hunian sebenarnya mengikuti rencana jumlah penghuni. Tapi bisa dirata-ratakan pasangan di Indonesia yang menikah akan memiliki 2 anak (Konon katanya program 2 anak cukup adalah warisan Pak Harto yang terbaik bagi Indonesia). Rumah tinggal biasanya harus memenuhi fungsi-fungsi ruang sebagai kamar tidur, dapur, kamar mandi, dan ruang tamu. Luas kebutuhan minimum setiap orang adalah 9m2, berarti kebutuhan untuk keluarga adalah 36m2. Sudah tau ya, alasan rumah-rumah minimalis yang ditawarkan banyak yang tipe 36. Tetapi jika anda memiliki lahan yang lumayan luas, akan lebih enteng untuk merencakan ruang-ruang pendukung yang anda inginkan. Tapi menurut saya, sirkulasi sangat penting, jangan sampai penuh dengan ruangan ini itu dan tampak sesak karena tidak ada sirkulasi.


Jika punya lahan lebih luas, anggaplah anda punya lahan dengan 8x15m dan rencanya memiliki 3 kamar tidur. Nih, saya drop contoh denah yang bisa anda coba. (Bangun rumah coba-coba, kalo gak cocok? Huhu)


fyi: paragraf di atas hanya basa-basi doang, hehe






Ini denah pilihan 2.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Jaringan Kerja

Pengalengan Maret 2022

Metode Jalur Kritis