Bekerja di SAT

Hampir setahun kerja di perusahaan ritel, banyak suka duka, banyak pengalaman dan tentunya banyak miskom sama orang-orang mengenai pekerjaan saya. Perusahaan tempat saya bekerja ialah PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk (SAT) atau yang lebih familiarnya Alfamart.
Di Indonesia, saya rasa nama Alfamart sudah sangat-sangat familiar. Karena hampir di seluruh kota alfamart punya banyak gerai. Hanya saja orang-orang taunya jika alfamart itu tak lebih dari minimarket.
Contohnya saya, Beberapa kali punya pengalaman saat orang-orang sekitar bertanya “kerja dimana?” jawab saya “di Alfamart”, bayangan mereka tak jauh dari ‘kasir toko’

Perusahaan SAT pastinya punya back office yang me-manage jalannya toko, punya banyak sekali tim support dibalik minimarket yang biasa kalian datangi. Katakanlah bagian Finance, Marketing, HRD, IT, Warehouse dan masih banyak lagi bagian-bagian yang terlibat dalam perusahaan SAT yang tidak diketahui orang umum.
Contonya saya, saya bagian building untuk perusahaan ini. Jobdesknya apa? Ya, pastilah bagian bangunan .

Sekitar 7 bulan di cabang cikokol menjadi estimator. Jobdesknya apa? Untuk jurusan teknik sipil pasti tidak asing dengan ini. Estimator lebih ke merencanakan bangunan yang akan dibangun mulai menggambar desain bangunan, lalu menghitung estimasi anggaran biaya, dan mengawasi jalannya pembangunan.
Nah, sekarang (2bulan terakhir) saya pindah ke HO, masih bagian building store project controller. Jobdesknya masih hampir sama, hanya saja lingkupnya menjadi nasional. Dan lebih kepengecekan hasil kinerja teman-teman cabang.. Sejenis internal audit gitulah, tapi khusus buiding.

Terus bagaimana rasanya jika banyak yang mengira kalau pegawai alfamart itu pasti kasir toko? Kata saya sih”thats OK”. Toko adalah bagian dari perusahaan SAT, dan wajah SAT emang toko. Dan lebih baik kan, kalau kenyataan melebihi ekspektasi daripada sebaliknya. Oh iaa, buat siapapun yang baca tulisan ini, rajin-rajin mampir ke toko ya. Banyak program diskon lho..saya kasih cluenya deh. Kalau ada price tag di rak yang berwarna kuning, itu pasti lagi ada diskonan. Coba langsung di cek kalo kurang yakin..hehe. JSM juga jangan kelewatan loh yaa :)

(Hari pertama di bulan November_curi-curi waktu nulis blog disela-sela kerja_lantai 5 gedung HO_Tangerang)

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Jaringan Kerja

Pengalengan Maret 2022

Metode Jalur Kritis