Setelah yang pertama

Aku percayai itu. Kalau ada yang pertama, pasti ada yang kedua, ketiga, keempat, dan kesekian.

Setahun yang lalu, aku bertemu dengan brantas di jawa timur. Aku menangis disisinya. Menangis sampai sangat terisak-isak. Waktu itu malam hari. Keadaan sepi. Di sebelahku ada temanku. Tapi ia tahu, saat itu suasana hatiku sedang tidak baik. Jadi ia biarkan aku menangis sampai aku merasa baikan. Kau juga tahu itu kan ? menangis tak akan menyelesaikan masalah, tapi setidaknya itu bisa memperbaiki suasana hatimu yang sedang buruk.

Aku berpikir, brantas tak melihatku saat aku sedang menangis. Ia diam saja. Tak mengatakan apa-apa saat aku pakai badannya untuk menangis. Itu berarti ia tak tahu kalau malam itu aku berada disana.

Mungkin ini yang pertama dan terakhir aku kesini. Dalam benakku demikian. Tak terfikir akan kembali lagi ke brantas.

Setahun setelahnya, aku kembali. Ntahlah, aku yang rindu padanya atau dia yang selalu memanggil-manggilku untuk mencoba menunjukkan diri padanya.  Kali ini aku datang di pagi hari. Masih dengan hati yang sedikit buruk, tapi tak seburuk tahun lalu. Setidaknya brantas dapat melihat dengan jelas sosokku.

Aku telah menjalani yang pertama dan yang kedua. Aku tak berharap ini akan jadi pertemuan trakhir dan juga tak berharap banyak pada pertemuan ketiga. Yang pasti setelah yang pertama, pasti ada yang selanjutnya.

**
Kalau kau tak pernah mengenal yang pertama, aku rasa tak akan ada yang kedua, yang ketiga, dan yang kesekian bagimu.

Kalau kesempatan pertamamu terlewatkan, kau masih punya kesempatan kedua, ketiga, dan kesekian.
Yang pasti, yang pertama, yang kedua, yang ketiga dan yang kesekian, tak akan ada yang persis. Mereka memiliki kebaikan masing-masing yang akan membawamu ke tujuan akhir.

Hanya masalah waktu dan bagaimana kau mempertemukan dirimu dengan mereka. Apakah kau ingin yang pertama atau yang setelahnya.


foto-foto bertemu brantas untuk kedua kalinya..yang pertama gak ada foto..))
















Comments

Popular posts from this blog

Contoh Jaringan Kerja

Metode Jalur Kritis

Pengalengan Maret 2022