ODT ke Pulau Kelor, Pulau Onrust dan Pulau Cipir

One day trip ke pulau kenapa enggak. Bahkan pulaunya ada tiga sekaligus. Pulau Kelor, Pulau Onrust dan Pulau Cipir. Bagi yang berdomisili di jabodetabek rasanya udah ga asing lagi kan dengan tiga pulau tersebut? 

Bagi kamu-kamu yang setiap harinya udah penuh dengan kesibukan, rasanya ODT ini layak kok untuk dicoba. Namanya ODT, berarti kamu cukup meluangkan 1hari untuk menciptakan memori baru yang worthy untuk dikenang nantinya. 

Kalau kamu ga punya rombongan, saya saranin sih untuk join open trip. Jadi kamu tidak pusing untuk sewa kapal menjelajahi ketiga pulau tersebut. Karena kapalnya hanya akan berangkat jika memenuhi jumlah penumpang minimal (kecuali kamu emang sengaja sewa kapalnya) Bagi yang akan berangkat ke tiga pulau tersebut, meeting point nya ada di pelabuhan muara kamal. Jangan sampai nyasar ke Muara Angke ya...totally diffrent boy... 

Lalu bagaimana akses menuju Muara Kamal bagi warga jabodetabek? Nih, beberapa opsi sesuai kendaraan yang ingin kalian gunakan. 

👉TransJakarta menuju Kalideres lalu turun di shelter Rawa Buaya (Rp. 3500). Dilanjutkan dengan naik angkutan umum carry plat hitam ke Muara Kamal hingga sampai di pemberhentian akhir Muara Kamal atau tempat pelelangan ikan (Rp 7000) lalu jalan kaki menuju Dermaga Muara Kamal. 

👉Naik bus apa pun jurusan Kaliders lalu turun di perempatan Cengkareng (kiri ada Ramayana), naik angkutan umum carry plat hitam ke Muara Kamal hingga sampai di pemberhentian akhir Muara Kamal atau tempat pelelangan ikan (Rp 7000) lalu jalan kaki menuju Dermaga Muara Kamal. 
 
👉Dari arah Tangerang naik angkutan apapun yang menuju Grogol, turun di perempatan Cengkareng (kiri ada Ramayana), naik angkutan umum carry plat hitam ke Muara Kamal hingga sampai di pemberhentian akhir Muara Kamal atau tempat pelelangan ikan (Rp 7000) lalu jalan kaki menuju Dermaga Muara Kamal. 

👉Dari arah Bogor naik kereta api menuju Stasiun Kota, lanjut dengan Busway tujuan Blok M turun di shelter Harmoni, pindah busway tujuan Kalideres lalu turun di shelter Rawa Buaya (Rp. 3500). Dilanjutkan dengan naik angkutan umum carry plat hitam ke Muara Kamal hingga sampai di pemberhentian akhir Muara Kamal atau tempat pelelangan ikan (Rp 7000) lalu jalan kaki menuju Dermaga Muara Kamal 

👉Naik taksi menuju pemberhentian akhir Muara Kamal atau tempat pelelangan ikan, lalu jalan kaki menuju Dermaga Muara Kamal. 

 Noteđź’¬: ongkos dari rawa buaya (carry plat itam) ke Muara Kamal kadang dimintai 10k sama sopirnya. Beberapa sopir mungkin sengaja sih naikin ongkosnya, karna dia mikir, orang-orang yang liburan punya uang lebih. Heheh 
Dan, lebih disarankan untuk bawa makan dan jajanan sendiri. Karna hampir ga ada warung disana. Atau taya guidenya, apakah dia menyediakan paket makan siang. 

Kebetulan, saya juga baru ikut tour trip ke tiga pulau tersebut dengan membayar 97k. Lalu apa saja yang saya dapatkan dengan harga tersebut dan apa saja kegiatan yang dilakukan selama ODT? Check it out boy...hehe 
Rundown

Note. Kmaren sih kita bener-bener ontime bahkan setengah 9 udah jalan dan sebelum setengah 6 udah balik ke pelabuhan.
oh ya...nama agen open tripnya adalah @mau_kemana_si


Beberapa foto selama di pulau....
We did it...


Pulau Kelor

Guide sedang menjelasakan mengenai Pulau Onrust

Pulau Onrust




Comments

Popular posts from this blog

Contoh Jaringan Kerja

Metode Jalur Kritis

Pengalengan Maret 2022